Bergaul

Moldy ini punya kemauan bergaul yang cukup tinggi. Dia tak sungkan mengetuk pintu teman yang dia mau ajak bermain, sambil berteriak, “ba…ba…ba…”
Jarang ada yang buka pintu, mungkin kurang keras, hiks… Pengen mewek juga sih, saat Moldy kembali ke rumah dengan wajah gontai, seolah mengatakan, ‘dia tak mau main denganku’. πŸ˜₯

Meski ikutan sedih dan jengkel, aku tak ingin melarangnya mencoba lagi. Aku yakin, bukan sebab tak ada teman yang cocok, tapi belum nemu waktu yang pas. Aku menyodorkannya kenyataan, yang entah dia pahami atau tidak,
“Jika mereka tak mau main denganmu, sudahlah nak, jangan dipaksa. Ayo kita pulang!”

image

Emak mana sih yang gak sakit hati saat anaknya terang-terangan ditolak, pintu ditutup, teriak-teriak dicuekin. Yaaah, berusaha maklum, bahwa mereka tak punya kewajiban untuk memahami Moldy. Jika permainan adalah acara untuk bersenang-senang, kenapa harus senang-senang yang kerepotan dengan bahasa Moldy yang tak semua tahu. Aku dan Jemi aja masih terus belajar dan bukan dalam waktu sehari dua hari, apalagi orang lain yang tak ada hubungan darahΒ  πŸ˜•

Biarpun demikian, aku tetap menyemangatinya untuk mencari teman.
“Jika tak ada yang mau denganmu, bukan mereka atau kita yang salah, tapi waktunya belum tepat. Bubun yakin, akan ada anak (normal) yang mau bermain denganmu, kita saja yang belum menemukannya,” kataku yakin.

image

Kalian tahu kan kisah The Ugly Duckling, tentang si anak bebek paling jelek dan bongsor yang selalu dicaci maki karena perbedaannya. In fact, dia tuh anak angsa yang kesasar, kecilnya jelek, tapi jadi cantik dan anggun saat dewasa. Si bebek kan emang imut-imut waktu kecil, begitu gede jadi amit-amit. Iyaa, bebek itu unggas yang nyebelin dan oon, lebih gesit dan pintar si ayam. Maklum, Bapa pernah ternak ayam dan bebek πŸ˜„ Aku tahu banget gimana membebeknya mereka (bersamaan), sementara si ayam selalu bisa mandiri dan sering rese’ godain para bebek oon itu.

Buat manusia, artinya banyak. Gak melulu harus berkumpul sesama tuna rungu untuk tahu apa itu pergaulan. Sekolah boleh khusus tuna rungu, tapi pergaulan harus beragam. Sama itu kan relatif. Bisa sama soal cara bermain, cara memandang masalah, hobi sama, mainan yang disukai sama, dan banyak lagi. Itulah yang membedakan kita dengan hewan. Jika hewan berkumpul dengan komunitas dengan ciri fisik yang kurang lebih sama, maka komunitas manusia lebih beragam dengan karunia akal budi. Yuk bersyukur πŸ™‚

Coba baca kisah Matias atau Zara. Aku tak pernah membayangkan mereka akan hadir demi menemani Moldy bermain. Padahal, waktu Matias masih tinggal di rumah lamanya, dia sering menutup pintu untuk Moldy.
“Aku gak tahu apa maunya Moldy,” katanya polos πŸ˜…

Kini, hampir tiap sore, mereka berdua selalu mencari Moldy dan tidak memaksa saat Moldy tak mau beranjak pergi. Mereka bermain sendiri dan tetap welcome saat Moldy ingin bergabung. Saat aku memaksakan sesuatu kepada Moldy, Zara yang mengingatkan,
“Biasanya dia gak mau dipaksa,” πŸ˜†
Jika Moldy mau jajan, Matias langsung membuka dompetnya,
“Kamu mau jajan apa Moldy? Ayo kutraktir!” πŸ˜‡
Akunya yang seneng, lumayaaan ngirit kan pengeluaranku πŸ˜† Just kidding, tentu saja aku menolak. Aku juga sering nawarin Matias untuk jajan bersamaku, tapi entah dia tuh kayak anak udah gede, selalu menolak pemberian orang selain keluarganya sendiri.

Aku masih penasaran apakah Moldy nantinya bisa ngomong lancar. Juga pengen tahu siapa teman baiknya yang benar-benar terseleksi mau menerima dia apa adanya sekaligus memahami titik koma maksudnya. Kepo kejutan yang akan dia berikan tentang kemajuannya dalam hal bersosialisasi dan melakoni urip. Optimis kan harus, kalau kenyataan beda itu urusan nanti πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

Hmm, perjalanan masih panjang juga ya. Bismillah, mari berjuang lagi πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

Gambar bebek pinjam dari sini

Advertisements

2 thoughts on “Bergaul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s