Dari Bu Dokter Sp.THT Itu

Kali ini saya mengutip kisah saja ya, berhubung saya tak hadir di seminar yang bersangkutan ☺

Dokter perempuan spesialis THT itu, mengatakan bahwa bahasa isyarat bisa menjadi alternatif terakhir, jika anak tak bisa diusahakan mendengar dengan alat bantu atau verbal, mengalami difabilitas ganda, sementara usia anak semakin bertambah.

Meski masih berkaitan dengan deprivasi bahasa, saya ikut senang 😍, apalagi jika mengingat satu kisah pribadi mengenai penolakan yang materialistik itu. Huh…

Baca: Rejected.

Deprivasi bahasa merupakan kondisi di mana anak tak mendapatkan asupan informasi dan komunikasi yang menyesuaikan dengan dirinya. Akibatnya, pengetahuan dan kemampuannya tertinggal jauh, dibandingkan dengan anak lain seusianya, yang menggunakan bahasa verbal normal. Ini banyak terjadi pada anak-anak tuli tanah air. Bahasa isyarat dijadikan alternatif akhir, jika cara normal menemui kebuntuan 😐

Bisa dimaklumi jika tenaga kesehatan menjadi agen promosi yang mesti menjual implant dan alat bantu dengar, namun jangan kemudian menghalangi hingga mematikan hak anak untuk tumbuh dan berkembang dengan pilihan cara mereka masing-masing.

Silakan baca mengenai pengalaman seorang dosen UI, Marjam Rudijanto, membesarkan Erika. Meski sudah diusahakan dengan alat bantu dengar, terapi berkala, hingga implant; Erika ternyata merasa lebih nyaman berbahasa isyarat.

Marjam menuliskan bahwa jangan sampai keharusan dan tuntutan anak menjadi verbal dan mendekati normal, mengikis harga dirinya, terutama bagi para lelaki.

Sungguh melegakan jika ada tenaga kesehatan yang membuka semua kran kemungkinan dan kesempatan, demi kebaikan anak dan tentunya, optimisme orang tua☺

Jika kita masih terus berharap anak bisa ‘normal’ dengan segala jenis bantuan teknologi yang kita usahakan, barangkali perlu mengkaji nurani kita kembali. Benarkah kita sudah benar-benar menerima paket keunikan difabilitas anak? Seseorang yang diamanahkan Allah kepada kita, dengan segala anugerah terindah yang disandangnya.

Sebagian jawaban ada di tulisan Reinforcement. Sebagian lagi, andalah yang bisa menjawabnya 😉

Gambar ILU

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s