Jeniper, Si Andalan

Jeruk nipis peras.

Elitnya sih, lemon πŸ˜‚ Sayangnya, lemon lebih mahal dan susah didapat, jadi yah jeruk nipis paling pas. Untuk 6-7 biji jeruk nipis ukuran sedang, harga termahal tak sampai sepuluh ribu. Saat harga murah, malah cuma 3-4 ribuan.

Ini manfaatnya, berdasar pengalaman dan percobaan saya ya:

πŸ‹ Mengurangi amisnya ikan.
Saya males goreng ikan pakai bumbu kunyit karena minyaknya makin kotor, ribet (mesti nguleg), dan lengket.
Untuk ikan segar, sehabis dibersihkan, dikucuri jeruk nipis, garam, merica. Diamkan sebentar. Kalau mau rasa lebih, tambahkan bawang putih cincang dan ketumbar bubuk. Sebelum digoreng, lumuri ikan dengan sedikit minyak supaya tidak menempel di penggorengan.
Tambahkan irisan jahe waktu digoreng, supaya minyak tak meletus-letus.
Rasanya, hmmm, saya suka makanan yang masih ada citarasa aslinya dan tak banyak penyedap. Begitu πŸ˜‰

Pernah coba yang begini?

πŸ‹ Minuman hangat sehat
Untuk satu gelas air sekitar 200-250ml, saya pakai satu biji jeruk nipis ukuran sedang. Dulu cuma kuat separuh, sekarang malah bisa dua biji untuk ukuran air yang sama. Sakau kecut, euy πŸ˜„ Apalagi kalau lagi males beli buah, lumayan buat pengganti vitamin sementara.
Nahan lapar bentar, bener juga. Tapi karena saya males diet, tetep aja makan sembarangan, hehehe…
Alhamdulillah, sembuh maag, semoga seterusnya.

Baca: A Lime A Day Sends The Pain Away

πŸ‹ Menyembuhkan sakit ringan
Semisal batuk, pilek, radang tenggorokan. Kalau tak tahan kecutnya, tambahkan madu. Ini andalan banget, alhamdulillah selalu manjur sebelum menyerah ke obat kimia kalau memang udah parah.

πŸ‹ Lulur kilat
Bubuk kopi, air jeruk nipis, madu, diaduk sampai jadi pasta. Kalau eman, pakai aja kopi sisa dan madu seribuan πŸ˜‰
Bila campurannya pas, bisa bikin wangi, halus, dan segar sampai sekitar setengah harian. Berhubung saya bikin ukuran suka-suka, adonan kesekian cuma tahan wangi sebentar aja.

πŸ‹ Masker rambut
Rambut saya pernah gatal teruuus, ketularan kutu, entah dari siapa. Sebelum keramas, saya balurkan air jeruk nipis ke kulit kepala, lalu didiamkan sebentar. Setelah keramas, masih gatal sih ✌, tapi efek baiknya, rambut jadi lebih gemulai dan segar ☺

πŸ‹ Mengurangi rasa aneh daging olahan segar
Kalau keburu, adonan naget atau bakso yang mestinya dikukus atau direbus dulu, langsung saya goreng. Ternyata ada efek tertinggal, meski udah mateng, ada rasa lidas (apa ya bakunya…) seperti habis makan nanasπŸ˜•
Meski ayam dan daging sapi tak seamis ikan, air jeruk nipis tetap bisa membantu memperbaiki citarasa masakan.

πŸ‹ Mengurangi apek dan bau lainnya
Jaman Shena masih pakai clodi, bilasan terakhir ditambahkan perasan jeruk nipis. Biar baunya segar dan mengurangi bau ompol yang memang agak pekat ya. Tak ada jeniper, pakai air cuka juga bisa πŸ˜‰

πŸ‹ Menambah citarasa jus buah
Saya lagi belajar minum jus tanpa gula. Supaya rasanya tak terlalu eneg, jeniper bisa ditambahkan. Mau manis alami, tambahkan madu sesudah dijus, atau diamkan jus di kulkas sampai dingin. Btw, itu selera lidah saya yang tak terlalu suka manis 😊

Anda bagaimana? Punya pengalaman manfaat lain lagi? ☺

Gambar jeruk nipis

Gambar masker kopi

Advertisements

One thought on “Jeniper, Si Andalan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s