Deaf Rihla: Cinta Dalam Sunyi MenujuNya

Ini yang pertama di Indonesia, siraman rohani yang disampaikan dalam bahasa isyarat, didampingi oleh beberapa penerjemah. Pembicaranya seorang pengusaha Muslim dari UK.

Pembicaranya, mampu berbicara oral dalam bahasa Inggris, dengan intonasi dan pengucapannya sama seperti orang biasa; namun dia lebih nyaman berbahasa isyarat. Komunikasinya diterjemahkan oleh mas Ipong dalam bahasa Indonesia bagi peserta dengar, kemudian diterjemahkan lagi dalam Bisindo oleh Bunda Galuh bagi peserta tuli. 

Sepintas sih nampak rumit dan peserta dengar mesti bersabar menunggu proses terjemahan. Ada beberapa isyarat yang bahkan mesti dikomunikasikan dengan bahasa Inggris, dibantu dengan Alquran terjemahan, juga bantuan obrolan dengan peserta lain; namun itu tak mengurangi esensi materi. Bahkan, dari sejumlah pertemuan formal dengan para tuli, saya hampir kewalahan mencatat dan menerjemahkannya ke dalam tulisan, karena jadinya banyaak sekali 😀

Continue reading Deaf Rihla: Cinta Dalam Sunyi MenujuNya

Advertisements

Kebutuhan Khusus Dalam Alquran

Pertanyaan saya dulu, kenapa sih tak ada bahasan tersendiri soal kebutuhan khusus dalam Alquran? 😮

Kegalauan itulah yang kemudian mendasari tulisan Bukan Ujian, Bukan Malapetaka.

Saya pernah cerita kan ya, kami dituduh punya dosa di masa lalu sehingga Moldy yang kena azabnya menjadi tunarungu. Karena tidak percaya hal begituan, saya berkilah. Ada tuh, ustadz yang kaya raya, setiap tahun selalu memberangkatkan pegawainya umroh. Anaknya yang berkebutuhan khusus sudah berobat hingga keluar negeri demi mencapai perbaikan dan ternyata Allah masih mengujinya. Eh argumen baliknya belum selesai di situ aja lho. Kalau bukan dosa orang tuanya, maka dosanya kakek neneknya, buyutnya, canggahnya… Duh Gusti Allah… Stop aja deh, kibar bendera putih. Gawai boleh tercanggih, tapi kalau pemikiran masih primitif, percuma dong ya 😉 

Continue reading Kebutuhan Khusus Dalam Alquran

Dakwah Adalah Cinta

dakwah adalah cinta

dan cinta akan meminta semuanya darimu
sampai pikiranmu
sampai perhatianmu
berjalan, duduk, dan tidurmu
bahkan ditengah lelapmu, isi mimpimu tentang dakwah
tentang umat yang kau cintai

memang seperti itu

dakwah menyedot saripati energimu
sampai tulang belulangmu
sampai daging terakhir yang menempel di daging rentamu
tubuh yang luluh lantak diseret-seret
tubuh yang hancur lebur dipaksa berlari

dakwah bukannya tidak melelahkan
bukannya tidak membosankan
dakwah bukannya tidak menyakitkan bahkan juga para pejuang risalah bukannya sepi dari godaan kefuturan

tidak…

justru kelelahan
justru rasa sakit itu selalu bersama mereka sepanjang hidupnya
setiap hari
satu kisah heroik, akan segera mereka sambung lagi dengan amalan yang jauh lebih tragis

(KH Rahmat Abdullah)

9 Juli 2014

Prov-Antiv

Dengan information-overwhelmed, saya jadinya malah males mikir 😯

Moldy dan Shena, sebagai warga negara yang berusaha berpikiran baik dan benar, sudah disuntik vaksin MR (measles, rubella). Detail penyakit silakan googling sendiri ya…

Jika tak salah kira, Moldy menyandang ketulian karena virus rubella, yang kabarnya memang lebih suka sama ibu hamil. Pembawanya malah rapopo. Makanya, para pembawa inilah yang disuruh jadi ‘tentara’ yang berangkat perang, sehingga (diharapkan) efek samping rubella bisa dikurangi sebanyak mungkin. Sepakat tak sepakat (untuk vaksin) itu pilihan anda 😉 Edukasi silakan, intimidasi jangan ya…

Jika anda kebanyakan kelayapan di timeline yang hobi ‘memainkan perasaan dan keputusan orang lain’, di situlah ujian anda sebagai pengakses medsos 😂 Hayati lelaah, tapi kenapa nemuuu aja di timeline. Ini sebagian hasil kelayapan yang hampir bikin galau jiwa:

-continue reading

2017: Jika Menanyakan Alquran

Saya pernah cerita sekilas kan, bahwa Dunan pernah menyuruh saya ‘ngobrol’ dengan Alquran, karena isinya mencakup semua hal di dunia ini. Saya berkelit bahwa Alquran hanyalah buku bukan makhluk. Mungkin karena usia saya masih terlalu muda untuk paham dan dia juga masih amatir untuk memberikan pemahaman. Dunan kemudian menyampaikan ancaman betapa saya sudah menghina kitab suci itu 😑 Saya, semakin tak ingin membuka dan membacanya.  Continue reading 2017: Jika Menanyakan Alquran

2017: Bukan STMJ

Ini bukan tentang minuman penambah tenaga itu ya. Ini tentang slogan Sholat Terus Maksiat Jalan. Kok bisa ya, padahal sholat itu mencegah perbuatan keji dan mungkar. Rasulullah menyatakan bahwa sholat orang yang berbuat jahat adalah untuk membayar kejahatannya. Impas ya, tanpa pahala tersimpan, bahkan bisa tekor 😕


Saya masih penasaran selama sekian tahun, sehingga terus ingin tahu kenapa kok bisa. Banyak kasusnya: lagi madat dengar adzan langsung siap-siap sholat, habis sholat lalu zina, dll. Kenapa tuntunan agama yang seharusnya bisa jadi petunjuk, kok bisa menyesatkan penganutnya. Hmmm, rumit ya. Kerumitan yang bisa dipergunakan sejumlah pihak untuk melegalkan anggapan bahwa sholat dan tidak, sama saja. Mesti dipahami adalah bahwa, menganut Islam itu perpaduan antara hati dan akal, bukan salah satu saja. Continue reading 2017: Bukan STMJ

2017: Penemuan

Tahun ini saya menemukan banyak sekali salah kaprah yang sebagian besar membahagiakan saya, hehehe… Sebenarnya ada beberapa yang tahu sejak lama, diajari Dunan. Tapi kebiasaan masyarakat yang campur aduk dengan tradisi yang bikin syariah mengabur. Urusan dhoif dan bid’ah memang merepotkan. Urusan ibadah itu jangan terlalu mbelit dan dipersulit. Allah memberikan banyak kredit jika kita merasa rumit 🙂

Semoga anda sudah tahu ya, sebagian di antaranya atau bahkan semua 😉

💡 Tak ada imsak, artinya sebelum adzan subuh masih boleh makan. Sahur lebih baik mepet subuh. Berbuka disegerakan begitu adzan berkumandang.

Continue reading 2017: Penemuan