Our Anger Management-ADHD Suspect (2)

Dari seminar ke seminar. Dari terapi ke terapi. Dari obat ke stop. Dari diet lalu malas. Dari bingung sampai bingung bangeeet, kadang teori tak setara dengan praktek. Masih terus berjalan dan mencoba. Kali ini, kami diperkenankan mendapat tambahan ilmu yang lebih kooperatif. Racikan antara kasih sayang dan sentuhan.

Ini tentang sejumlah penanganan bagi yang (tercurigai) ADHD. Untuk jenis dan detailnya, anda mesti tetap menghubungi ahli terkait ya. Tulisan ini hanya berbagi sedikit pengalaman ☺

Baca: ADHD, Ya Sudahlah

Minggu 29 Juli, saya berkesempatan menghadiri seminar dengan pembicara Octorina Basushanti, penemu teknik Octo Touch, HTHT (how to handle them). Libatkan hati, yuhuuu, seperti tujuan awal pembuatan blog ini, jangan lepaskan hati dalam setiap langkah. Anak difabel dikenal akan sensitivitasnya. Mereka akan dengan mudah membedakan mana orang yang tulus melayaninya dan mana yang tidak.

Baca: Di Balik Nama

Materinya bu Octo secara lengkap saya tulis terpisah ya. Ini yang penanganan (tercurigai) ADHD saja. Saya genapkan penanganan versi bu Octo, dengan tambahan beberapa sumber lain dan sejumlah pengalaman yang sudah saya jalani.

Continue reading Our Anger Management-ADHD Suspect (2)

Advertisements

Penyebab Diet Gagal

Ketahuilah kawan, saya sudah belajar melakoni diet sejak lulus sekolah dasar 😄 Penyebabnya, saya cape dan jengkel tiap ketemu siapapun selalu diejek gendut. Padahal kalau dilihat, masih ada banyak yang lebih gendut daripada saya. Bapa bilang itu perhatian. Saya bilang itu persetan 😑 Saat itu dunia terasa mau runtuh dengan bentuk tubuh yang enggak banget. Huaaa…

Eh, begitu kena masalah lain yang mesti dihadapi sendiri tanpa bantuan siapapun, saya langsung kuruuus, sampai ada yang menyarankan ke psikiater segala 😥 Menjelang menikah pun, masih agak gemuk. Namun begitu menjalani pernikahan, susaaah banget gemuknya.

Entah kenapa, semenjak menikah berat badan malah susut, susah sekali gemuk, sampai dikira penyakitan. Berat badan saya waktu kuliah, sama dengan berat badan saya waktu hamil si Moldy 😨 Itupun mentok, tak bisa naik lagi. Padahal teman dekat saya tahu, saya ini cemilannya banyak dan abot semua. Tidak bahagia? Hihihi, katanya sih begitu. Walahualam 😉

Continue reading Penyebab Diet Gagal

Jeniper, Si Andalan

Jeruk nipis peras.

Elitnya sih, lemon 😂 Sayangnya, lemon lebih mahal dan susah didapat, jadi yah jeruk nipis paling pas. Untuk 6-7 biji jeruk nipis ukuran sedang, harga termahal tak sampai sepuluh ribu. Saat harga murah, malah cuma 3-4 ribuan.

Ini manfaatnya, berdasar pengalaman dan percobaan saya ya:

🍋 Mengurangi amisnya ikan.
Saya males goreng ikan pakai bumbu kunyit karena minyaknya makin kotor, ribet (mesti nguleg), dan lengket.
Untuk ikan segar, sehabis dibersihkan, dikucuri jeruk nipis, garam, merica. Diamkan sebentar. Kalau mau rasa lebih, tambahkan bawang putih cincang dan ketumbar bubuk. Sebelum digoreng, lumuri ikan dengan sedikit minyak supaya tidak menempel di penggorengan.
Tambahkan irisan jahe waktu digoreng, supaya minyak tak meletus-letus.
Rasanya, hmmm, saya suka makanan yang masih ada citarasa aslinya dan tak banyak penyedap. Begitu 😉

Pernah coba yang begini?

Continue reading Jeniper, Si Andalan

Keranjang Bambu

Sabtu pagi di sepanjang jalan A. Yani, Gedangan.

Saya mengendarai motor sambil menyanyi lagu Kupu-kupu malam. Ternyata bisa juga nyanyi lagu ini, kenapa kemaren menolak karaoke waktu di bis yah 😄 Aah, saya baperan dengan suara jelek. Padahal kan karaoke bersama bukan konser, saya bukan penyanyi, jadi suara sember pasti dimaafkan. Paling selanjutnya gak boleh dapat giliran nyanyi lagi, hihihi…

Syukurlah, keranjangnya tipis ☺

Mengendarai motor, menyanyi, sembari menyimak pengendara depan kami persis. Kanan kiri motornya sarat dengan bungkusan kerupuk mentah. Di atasnya ada beberapa keranjang bambu terikat menjadi satu tumpuk.

“Kerupuk enak nih, Shena,” kata saya pada si bocah. Hari itu kami menjemput kakak Moldy pulang sekolah.

Ada kerupuk dele, kerupuk putih, dan berbagai bentuk lainnya. Semuanya dalam kemasan plastik besar, sepertinya mau diantar ke pasar.

Lalu lalang kendaraan yang cukup padat lancar. Tiba-tiba keranjang bambu itu terlepas dari tali,

Continue reading Keranjang Bambu

Yuk ‘Ngomel’!

Cape habis ngojek puluhan kilometer seharian, kerjaan rumah tak pernah usai, anak-anak yang bahagia dengan rumah ala kapal pecah, hidden agenda antar emak dengan berbagai pose, suami yang diharapkan ganteng romantis tajir suka membantu, eh hihihi… ✌ Jadi tolong jelaskan bagaimana cara supaya menahan diri untuk tidak ngomel demi berdamai manis dengan keadaan? Tolooong… 😑

Repotnya, mulut perempuan itu setajam silet. Kalau lagi jengkel atau terluka, wuuush, keluarlah mantra tingkat dewi durjana yang bisa bikin orang mati kaku. Sampai ada yang memfatwakan, bahwa fitnah lebih kejam daripada pembunuhan. Melawan dengan pena (kata-kata) bisa menghentikan atau malah menginisiasi pertempuran. Begitu dahsyatnya, sebuah film menggambarkan laut pun bisa marah dengan omelan beruntun seorang perempuan 😨

Continue reading Yuk ‘Ngomel’!

Mengatasi Perseteruan Antar Saudara

Beda usia antara Moldy dan Shena hanya setahun lebih sedikit. Hampir mendekati kembar ya 😉. Shena yang doyan makan bahkan tumbuh membesar melampaui Moldy, yang memang susah makan sejak kecil. 

Saat mereka bertengkar, awalnya sempat panik juga. Moldy kan berkebutuhan khusus, ada sedikit permakluman. Shena, perempuan dan lebih muda. Meski terkadang sudah tahu siapa yang salah, tetap aja cap cip cup bingung mesti gimana 😁

Continue reading Mengatasi Perseteruan Antar Saudara

Sarden Kukus

One day one post, hari kesebelas 💪

Resep ini saya dapat dari nenek tetangga, yang pintar memasak. Kalau blank dengan ide masak apa hari ini, saya nanya-nanya. Beliau ini selalu berbaik hati membagi resepnya yang sangat beragam. Perkara pengalaman juga ya, jadinya tiap hari tak pernah stuck macam para emak anyaran, yang menunya tak lepas dari tumis sayur dan goreng sana sini 😄

Saya modif sedikit untuk versi minim minyak ya. Seperti biasa, takarannya serba kira-kira 😉

Continue reading Sarden Kukus