Kiat Hidup Sehat

One day one post, hari kesembilan 💪

Zhang Rui, CEO sekaligus pencipta sebuah aplikasi kesehatan, meninggal dunia di usia yang masih cukup muda, 44 tahun. Meski dia menjalani hidup sehat, namun dia abai mengendalikan napsu kerja kerasnya. Zhang meninggal mendadak ditengarai karena terlalu lama bekerja. Metode kerjanya dikenal dengan pola 996, 9 pagi ke 9 malam, 6 hari dalam seminggu 😨

Pola hidup sehat secara fisik saja ternyata tak cukup. Penyakit yang dulu biasa menyerang para manula, kini grafiknya bergeser ke usia produktif. Obesitas dan diabetes bisa menyerang anak-anak. Stroke, kanker, kista, asam urat, sudah mulai menyerang di puncak kejayaan usia, sekitar 30-40an. Ada memang bagian takdir yang berperan, tapi berusaha untuk hidup sehat dan berkualitas, lebih baik bukan 😉

Saya sudah mencoba diet beberapa kali sejak masih gemuk, sampai kemudian susah gemuk dan ingin hidup yang lebih berkualitas. Semuanya bermuara sama, gagal! 😄 Penyebab utama kegagalan diet adalah niat yang kurang kuat, serta pengetahuan dan persiapan yang sangat minim, hehehe, mengubah pola makan memang tak mudah.  

Sehat menurut definisi WHO (1975) adalah suatu kondisi yang terbebas dari segala jenis penyakit, baik fisik, mental, dan sosial. Ketiganya bisa diusahakan melalui pikiran, asupan makanan, dan hubungan sosial.

Pikiran
Ada berbagai metode mengendalikan pikiran supaya hidup sehat, antara lain:
📖 Metode Ho’oponopono yang ditemukan oleh seorang dokter di Hawaii. Dengan rutin mengucapkan terima kasih, cinta, sesal, dan maaf; jumlah pasien di sebuah rumah sakit semakin menurun sambil kemudian harus tutup karena semuanya berangsur sehat dan jarang sakit ☺
📖 Metode memaafkan. Jangan sampai tidur sebelum memaafkan orang yang menyakitimu. Coba anda rasakan, kalau anda nggerundel dengan seseorang, pasti bawaannya jengkel dan tak tenang, tidur tak nyenyak, makan tak enak 😉
📖 Metode menaruh beban. Semacam pensieve ya, kalau gak sanggup, taruh aja dulu, gak usah dipikirin. Buat perempuan ini lebih gampang, bisa curhat atau ngomel-ngomel. Buat lelaki yang agak susah, karena larinya ke alkohol, rokok, dan obat terlarang. Bisa juga dipendam begitu lama, lalu timbul penyakit dalam atau bunuh diri. Duh, jangan sampai ya 😐
📖 Metode berpikir positif. Ah, ini sudah sering dibicarakan. Sudah coba anda jalani belum? Awalnya susah, tapi lama-lama nyaman juga, jadi sering tersenyum refleks. Kadang bisa balik lagi suudhon, karena itu penting banget berkumpul dengan orang-orang yang cara berpikirnya aktif dan positif, biar ketularan terus 😉

Kalau pikiran tenang, makanan dengan sendirinya bisa terkendali. Para kutu buku biasanya memilih puasa makanan, demi mengincar buku kesukaannya. Syukurlah sekarang ada sistem arisan yang memudahkan. Yuhuu, hidup arisan! Saya jadi bisa punya buku agak nggaya yang bisa dipajang di lemari, dari arisan 😉

Kalau pikiran tenang dan punya arah, anda juga tak akan makan sembarangan. Pernah nih, saya ditegur orang lain karena makanan. Waktu itu saya makan menemani teman yang ketemuan dengan seorang wartawan. Hidup saya hari itu sebagai anak kos sedang sangat mulia, seharian makan sana sini dalam rangka ditraktir. Maunya nolak dari awal, tapi saya sudab janji. Huh, repotnya pekewuh dan basa basi 😂.
Akhirnya, makanan saya gak habis. Ditegurlah saya sama si wartawan itu, “Di Afrika banyak lho yang gak bisa makan, di sini kita buang makanan seenaknya.”

Duh, rasanya tertampar tak kentara 😂

Baca: Gratis Tak Selalu Manis

Makanan
Jika pikiran masih susah dikendalikan, masih suka benci sampai jadi dendam, masih suka suudhon, masih gampang marah, emosi tidak stabil; lambaikan tangan pada metode pengaturan pikiran, lalu ucapkan selamat datang pada puasa, diet, dan olahraga sesuai kebutuhan 😊

Termudah, puasa Senin-Kamis. Puasa bermanfaat mengeluarkan racun dan memberikan istirahat pada lambung, sehingga tubuh terasa lebih segar. Jangan lupakan niat yang tepat ya. Niat yang tepat bisa membantu mengatur napsu makan. Jangan sampai waktunya berbuka dijadikan acara balas dendam makan lho ya 😛

Yang agak sulit, diet atau mengatur pola makan, membuat sebuah kebiasaan baru. Diet tak selalu berarti supaya kurus lho yaa… Bagi sejumlah anak kebutuhan khusus yang mengalami masalah perilaku, diet makanan tertentu seperti CFGF dan makanan yang minim olahan, punya pengaruh besar pada ketenangan dan konsentrasi. Ini pun berlaku bagi orang dewasa yang mengalami masalah kestabilan emosi, semisal bipolar.

Olahraga juga tak bisa sembarangan. Seperti halnya diet, olahraga membutuhkan pola dan pengenalan karakter tubuh yang tepat, supaya tak menimbulkan cedera dan bisa mencapai hasil yang diidamkan. Lari, meski nampaknya sepele dan bisa dilakukan siapa saja, bisa menimbulkan cedera otot bagi yang tak paham atau berlebihan.

Interaksi sosial
Hubungan baik dengan teman dan saudara, bisa memiliki pengaruh kuat pada kesehatan dan kualitas hidup.
Bagi Muslim, jangan putus silaturahim. Manfaatnya antara lain menjaga hubungan baik, memperpanjang kualitas usia, membantu meringankan beban pikiran, melancarkan rejeki, dan banyak lagi.
Ini cerita dari seorang relawan paliatif. Ada dua pasien kanker stadium lanjut, berada dalam masa yang sama, menghitung hari untuk pergi meninggalkan dunia, atas perkiraan dokter. Satu pasien ditinggal suaminya, karena sekarat. Kondisinya sangat parah dan tak bersemangat 😕 Satu pasien lagi, setiap hari dijaga oleh anggota keluarganya secara bergantian, hampir tak menunjukkan gejala buruk. Dukungan orang dekat membuatnya lebih bersemangat 😉

Sejumlah sakit adalah bagian dari takdir, tak bisa dikendalikan begitu saja dengan makanan sehat, karena erat kaitannya juga sejarah konsumsi makanan dan keturunan. Meski demikian bukan berarti kita mesti menghabiskan waktu dengan terpuruk meratapi nasib. Hubungan baik inilah yang membantu mereka yang sakit, dalam bertahan melewatkan bagian buruk kehidupan dengan sebaik-baiknya ☺

Hidup sehat adalah hidup yang memberikan manfaat. Seimbangkan antara pikiran, makanan, dan sosial. 

Kalau anda, punya kiat apa? Boleh lho, berbagi dengan saya 😉

💚💚

#SatuHariSatuKaryaIIDN

Gambar sehat 

Gambar lampu koyak

Gambar bersepeda

Advertisements

4 thoughts on “Kiat Hidup Sehat

  1. Wah..masalah pikiran memang bisa berpengaruh ke raga ya..
    Sering mengucapkan “3 kata ajaib” membantu jg ternyata..bisa dipraktikan

    Like

  2. Wah suka lagi dengan sharingnya mbak 🙂 hehe. Kalau dari kami, kami mencoba makan bervariasi, pakai daging sampai vegetarian. Saya sebenarnya kurang suka selada/salad, tapi mulai saya paksa. Lalu, berolahraga (bersepeda, berenang dan jalan). Yang ketiga, be happy and be thankful.

    Like

    1. Saya pribadi lebih meyakini sakit itu banyak dari kendali pikiran. Utk mengontrol makanan, rutin puasa seminggu 2x itu mbak, lebih nyaman buat saya, daripada mesti diet rumit, hehehe…

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s